Selasa, 28 Februari 2012

Tak Selamanya Sepi Menyakitkan.

Apa yang harus kita lakukan ketika dalam keadaan sepi ? Benarkah sepi itu identik dengan kerasingan, kekososongan dan ketidak berdayaan? Itu semua tergantung dari sudut mana kita memandang. Bila kita dalam sendiri hanya menggurutu menyesali nasib yang sial, apakah itu ditinggal oleh sang kekasih, dihianati sahabat, atau merasa dijauhi teman-teman, bahkan diputuskan kekasih tanpa sebab, sampai di PHK dari pekerjaan.

Kalau hanya menggurutu atau bahkan mengumpat tanpa usaha, kita akan semakin jatuh terjerembab ke jurang kesepian dan keterasingan yang menyakitkan, karena otak kita tidak jalan , kita hanya dipermainkan oleh perasaan yang cenderung menyesatkan. Tapi kita berpikir jernih, banyak hal yang dapat kita lakukan dalam kesendirian. Prof. Buya Hamka dapat menulis tafsir Al Qur'an ketika beliau di dalam penjara yang pengab.

Ada beberapa hal kegiatan yang bermanfaat ketika kita dalam kesendirian :

1.Membaca.
 Bagi yang senang membaca alangkah baiknya kita membaca buku-buku yang bermanfaat atau sekedar majalah atau tabloid hiburan. Dengan sendirinya hati kita terhibur dan wawasan kita bertambah.

2. Berselancar di Dunia Maya/Internet.
 Bagi yang senang berselancar alangkah baiknya kita berselancar mencari hiburan, berita, atau menjadi anggota jejaring sosial. Atau bahkan membuat blog pribadi untuk saling berbagi dengan teman.

3. Melukis.
 Bagi yang hoby melukis anda dapat melukis berdasarkan imajinasi kita atau mencari obyek lukisan ke luar rumah, baik berupa pemandangan, bangunan atau obyek lainnya.

4. Menulis.
 Bagi anda yang hoby menulis alangkah baiknya menyalurkan bakat anda dalam bentuk cerita pendek, puisi, atau hanya sekedar menulis buku harian. Biasanya orang yang sedang menyendiri daya imajinasinya lebih peka dan lebih hidup. Bahkan anda dapat mencoba menulis novel untuk dipublikasikan di media masa cetak ataupun ke internet.

5. Memodifikasi Foto / Gambar.
 Bagi anda yang senang mengutak ngatik gambar atau foto di komputer anda bisa berkreasi dengan bantuan fotoshop atau fotoscope. Untuk sededar memperjelas dan memperindah foto atau hanya memberi nama foto dalam moment tertentu.

Itulah beberapa tip untuk mengisi kesepian dalam kesendirian. Intinya kita tidak usah menyalahkan nasib, menyalahkan orang lain, atau menyalahkan diri sendiri. Yang sudah terjadi biarlah berlalu, kita tetap melangkah menuju masa depan. Alangkah ruginya kita hanya menyesali nasib tanpa mau berusaha ke luar dari keterpurukkan. Semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar