Jumat, 10 Februari 2012

Resep Panjang Usia

Hampir semua orang menginginkan panjang usia dan selalu sehat serta awet muda, mungkin hanya orang yang frustasi saja yang tidak menginginkannya. Memang benar usia sudah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa, tetapi walau demikian kita sudah seharusnya berusaha . Untuk itu saya  membuka rahasia panjang usia yang diambil dari beberapa sumber.

Inilah usaha - usaha untuk panjang usia :


1. Jauhi dan stop minuman berakohol. Minuman alkohol akan mempengaruhi saraf otak, merusak organ tubuh lainnya eperti jantung, lambung, dan ginjal. Sehingga akan menimbulkan berbagai penyakit cepat atau lambat. Alkohol  lebih banyak kerugiannya daripada manfaatnya.

2. Jauhi dan stop merokok. Bukankah disetiap bungkus rokok jelas tertulis peringatan "Merokok dapat   menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin. Menurut pakar kesehatan  1 batang rokok akan mengurangi umur 1menit, hitung saja sendiri bila anda sehari mengisap 12 batang rorok sehari, dalam  setahun akan mengurangi umur berapa jam ?

3. Jauhi makanan yang berlemak terutama lemak dari daging berwarna merah, seperti daging kambing / sapi. Lemak hewan daging merah mengandung kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan menimbulkan penyakit  jantung koroner, menimbulkan kegemukan. Karena banyak orang yang mati muda, padahal sebelumnya tidak mengeluh sakit, setelah diagnosa dokter ia terkena serangan jantung.

4. Menjauhi makanan yang mengadung zat pengawet dan zat pewarna kimia. Karena menurut penelitian pakar kesehatan  zat-zat tersebut akan menimbulkan berbagai penyakit terutama kanker. Bila terpaksa mengggunakan zat pengawet dan pewarna, gunakan yang alami seperti dari kunyit dan daun jati muda.

5. Jauhi sofdrink atau minuman ringan yang mengandung soda. Sofdrink adalah salah satu faktor penyebab penyebab peyakit batu ginjal dan gagal ginjal. Lebih sehat minum air mineral atau air oksigen .

6. Minum air putih yang sehat 2 liter sehari. Karena air adalah merupakan zat pengatur yang berfungsi menormalkan suhu tubuh, membantu proses pencernaan, mencegah penyakit ginjal,  menghinda dehidrasi, melembabkan kulit, dan menyegarkan tubuh. Orang bisa tahan tidak makan selama sebulan,  tetapi orang tidak akan tahan tidak minum selama seminggu.

7. Hindari tidur terlalu malam apalagi sering begadang. Karena orang yang sering tidur terlalu malam atau sering begadang akan mengurangai sistem kekebalan tubuh kita, sehingga kita mudah terserang berbagai  jenis penyakit. Menurut pakar kesehatan kekebalan tubuh terbentuk ketika kita sedanga tidur.  Istirahat yang sempurna adalah tidur. Orang dewasa membutuhkan tidur antar Istirahat yang sempurna adalah tidur.  Orang dewasa membutuhkan tidur antara 5 - 8 jam sehari.a 5 - 8 jam sehari.

8. Hindari makanan yang dibakar seperti ikan bakar dan sate. Karena sengaja atau tidak sengaja ikan atau daging yang Orang dewasa membutuhkan tidur antara 5 - 8 jam sehari.a 5 - 8 jam sehari.  dapat berpotensi meyebabkan penyakit kanker.

9. Sempatkan olah raga, walau hanya sekedar jalan kaki atau joging yang tidak memerlukan banyak biaya bahkan gratis. Karena olah raga akan memperlancar peredaran darah dan memperkuat daya tahan tubuh,  sehingga kita tidak mudah terserang penyakit. Berolahraga paling tidak seminggu dua kali.

10.Menghindari tempat yang terkena polusi, baik asap kendaraan, asap pabrik, asap kebakaran, dan asap rokok. Karena asap-asap tersebut mengadung zat-zat  berbahaya yang akan meracuni organ tubuh,  terutama organ pernapasan ..

11.Sesekali refresing ke tempat yang alamnya masih segar, seperti ke pegunungan , air terjun, hutan dan pantai. Hiruplah udara segar yang banyak mengandung oksigen, maka tubuh kita akan segar, pikiran  kita akan segar. Maka hilanglah masalah kita walau hanya pada saat itu.

12.Bila punya masalah tiada salahnya curhat kepada orang yang dapat dipercaya atau orang kita kasihi. Memang kadang tidak bisa menyelesaikan masalah, tetapi paling tidak  beban pikiran kita menjadi   berkurang.  Sehingga kita tidak larut pada masalah tersebut yang berpotensi menimbulkan defresi.   Akhirnya mengahiri hidup dengan bunuh diri karena ingin lepas dari masalah tersebut.

13.Jauhkan dari kebencian dan dendam kepada semua orang. Kebencian dan dendam akan merusak  dan meracuni pikiran kita, sehingga tidur tidak tenang, makan tidak enak, selalu was-was dan curiga   kepada orang lain. Benci dan dendam dapat menyebabkan nyawa orang lain dan kita sendiri   melayang sia-sia.

14.Bersikap optimis dan percaya diri dalam menjalani kehidupan dan bergaul dengan orang lain. Yakinlah  tiada masalah yang tidak dapat diselesaikan. Yakinkan bahwa kita juga punya kelebihan, dan semua  manusia dihadapan Allah adalah sama. Yakinlah bila orang lain bisa, kita juga bisa kalau mau berusaha.  Pesimis dan rendah diri akan menghalangi kita untuk berkembang dan mengekplorasi diri, dan yang  lebih patal kita mengurung diri dan akhirnya bunuh diri karena merasa tidak berguna bagi orang lain.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar